facebook-workplace-01
Facebook, Featured, Lainnya

Workplace, Aplikasi Baru dari Facebook Untuk Perusahaan dan Organisasi

0 76

Workplace, Aplikasi Baru dari Facebook Untuk Perusahaan dan Organisasi

Indonesia-Facebook.com – Facebook resmi meluncurkan jejaring sosial untuk perusahaan ataupun organisasi yang sebelumnya bernama Facebook at Work. Melalui Workplace, pengguna dapat terhubung dengan teman-teman ataupun rekan kerja untuk berkomunikasi di lingkungan internal kantor, dengan tampilan mirip Facebook.

“Workplace lebih dari sekadar berkomunikasi antarmeja maupun ruangan di dalam sebuah kantor. Kami terkejut dengan banyaknya pengguna Workplace mulai dari perusahaan pengiriman barang hingga perbankan. Kini, ada lebih dari 1.000 organiasi di seluruh dunia yang menggunakan Workplace,” kata Facebook dalam siaran persnya, Selasa (11/10).

Pengguna Workplace saat ini hampir mencapai 100.000 grup dan lima negara pengguna teratas yang telah menggunakan Workplace adalah India, Amerika, Norwegia, Inggris dan Perancis.

Beberapa organisasi besar yang telah menjadi pengguna Workplace antara lain Telenor (operator telekomunikasi asal Norwegia), Royal Bank of Scotland (bank asal Skotlandia), Danone (perusahaan makanan dan minuman asal Perancis), Starbucks (waralaba kedai kopi asal AS), dan Booking.com (jasa online travel asal Belanda).

Sejumlah lembaga nirlaba juga telah mencoba layanan ini seperti Royal National Institute for the Blind, Oxfam dan Government Technology Agency of Singapore.

Fitur dan Biaya Langganan Facebook Workplace

Tampilan Workplace mirip dengan jejaring sosial utama Facebook, dengan News Feed, Live, Reactions, Search, Trending Post, serta fitur video streaming dan messaging. Pengguna bisa berbagi di dalam Group atau melalui layanan chatting.

Perusahaan yang menggunakan Workplace akan mendapatkan fitur khusus seperti dashboard dengan analisis, integrasi dengan single sign-on, dan Multi-Company Groups. Fitur Multi-Company Groups dapat digunakan sebagai media komunikasi bagi karyawan dari berbagai perusahaan yang berbeda sehingga mereka bisa mengerjakan proyek kolaborasi yang lebih baik.

Workplace menawarkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas untuk file, foto dan video, jumlah tim dan proyek grup, alat-alat pemantau untuk tim TI, kolaborasi antarperusahaan yang aman, serta integrasi dengan Google G Suite (nama baru Google Apps), layanan manajemen identitas Okta, OneLogin, Ping, dan Windows Azure Active Directory.

Facebook menerapkan skema harga yang kompetitif untuk Workplace. Konsepnya adalah, perusahaan atau organisasi hanya perlu membayar sesuai dengan yang mereka gunakan . Demikian rinciannya:

  • $3 per orang untuk jumlah user aktif sampai 1.000 orang setiap bulannya
  • $2 per orang untuk jumlah user aktif 1.001 – 10.000 orang setiap bulannya
  • $1 per orang untuk yang memiliki lebih dari 10.000 jumlah user aktif setiap bulan

Facebook memungut biaya untuk perusahaan yang ingin menggunakan Workplace, kecuali lembaga nonprofit atau institusi pendidikan. Namun, Facebook memberikan percobaan gratis selama tiga bulan.

Bermodal Workplace ini, Facebook menantang layanan enterprise social network lainnya seperti slack, Yammer dari Microsoft dan Chatter dari Salesforce.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *