kipas-server-facebook-1
Facebook, Lainnya

Ini Dia Kipas Yang Dipakai Mark Zuckerberg Untuk Data Server Facebook

0 48

kipas-server-facebook-1

Ini Dia Kipas Yang Dipakai Mark Zuckerberg Untuk Data Server Facebook

Indonesia-facebook.com – Sebagian besar dari kita, pasti ingin mengetahui seperti apa pembangunan di balik Sosial Media Facebook? Sosial Media yang yang telah diciptakan oleh Mark Zuckerberg merupakan yang paling populer diantara semua sosial media lain yang ada sekarang ini.

Data Center Facebook yang merupakan jantung dari Sosial Media yang dibentuk oleh Mark Zuckerberg merupakan Data Center yang paling keren dan terbaik di dunia. Lokasinya yang sulit diakses dan jauh keramaian membuat hanya sedikit orang saja yang mengetahui bagaimana suasana Data Center Facebook ini.

Ini Dia Kipas Yang Dipakai Mark Zuckerberg Untuk Data Server Facebook

Akhirnya Mark Zuckerberg melalui akun facebooknya membagikan beberapa foto yang menapilkan suasana dari Data Center Facebook sehingga kita bisa mengetahui seberapa hebat teknologi data center yang dipakai Facebook untuk membuat sosial media tersebut tetap stabil. Mark berkata bahwa bangunan ini merupakan bagian yang terpenting dari insfrastruktur global Facebook. Bangunan tersebut menggunakan berbagai sumber daya alam lokal untuk meningkatkan efisiensi dan juga menghemat daya.

Data Center Facebook yang terletak di kota Lulea, Swedia pertama kali beroperasi pada tahun 2013. Lokasinya sengaja dipilih pada daerah yang bersuhu rendah. Kota ini hanya terletak sejauh 112 KM dari lingkar Kutub Utara. Kawasan ini memiliki suhu udara yang sangat sejuk, bisa mencapai -30 C. Server yang beroperasi di dalam gedung Data Center ini didinginkan dengan menafaatkan udara sejuk sehingga Facebook tidak mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mengoperasikan sistem pendingin servernya.

Ini Dia Kipas Yang Dipakai Mark Zuckerberg Untuk Data Server Facebook

Ini Dia Kipas Yang Dipakai Mark Zuckerberg Untuk Data Server Facebook

Facebook menggunakan beberapa kipas besar untuk menarik udara alami dari luar dengan tujuan untuk mendinginkan ribuan server yang memenuhi gedung Data Center dan menjaga suhunya agar tetap stabil di bawah 50 C setiap harinya. Kipas inilah yang mengalirkan udara sejuk untuk mendinginkan ruangan server. Ketika suhu di kawasan Lulea berada pada -30 C, maka udara panas dari server dimanfaatkan untuk menghangatkan ruang kerja pada Data Center Facebook ini. Selain itu hydro-electric sudah ditanamkan di sungai terdekat agar dapat menyuplai sumber daya yang ampuh dan akurat. Bahkan Microsoft saat ini sedang menguji sebuah Data Center di bawah laut untuk menggunakan air laut sebagai pendinginnya.

Selain Facebook dan juga Microsoft apakah masih ada lagi perusahaan yang mengembangkan perpaduan alam untuk meningkatkan efisiensi yang tinggi?

Para pekerja di Data Center Facebook menggunakan scooter untuk melakukan semua aktivitas pekerjaanya. Data Center Facebook sangat efisien dan hanya ada 150 orang pekerja saja di dalamnya. Karena desainnya yang simple dan efisien maka 25.000 server bisa dikelola oleh 1 teknisi saja sedangkan jika terjadi kerusakan atau masalah pada hard drive server bisa diatasi dalam waktu 2 menit saja.

Hard Drive yang sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi, langsung dihancurkan agar semua data di dalamnya hilang secara permanent.
Bagaimana menurut kalian? Keren banget kan?

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *