facebook-button
Facebook, Featured, Lainnya

Gara-gara Ikan, Facebook Diblokir di Vietnam

0 73

IndonesiaFacebook- Facebook diblok di Vietnam selama sepekan. Alasannya terkait aksi demo masyarakat ke pemerintah, menyusul insiden kematian ikan massal di sepanjang area perairan di Ha Tinh, Central Coast, Vietnam.

Berton-ton ikan dilaporkan mati, termasuk spesies langka dan spesies yang tinggal di dasar laut. Masyarakat meyakini insiden tersebut dikarenakan toksin dari limbah manufaktur asal Taiwan, Formosa Plastics. Tempat pabrik itu memanglah berdekatan dengan Central Coast.

Lebih jauh, masyarakat juga cemas limbah beracun itu akan berimbas pada air yang dikonsumsi keseharian. Lalu, apa jalinan signifikannya dengan Facebook?

Masyarakat nyatanya paling gencar menyuarakan memprotes ke pemerintah melalui Facebook, seperti dilaporkan DigitalTrends dan dikumpulkan KompasTekno, Rabu (18/5/2016).

Tidak hanya memprotes individu, tetapi juga berkelompok. Masyarakat bekerjasama menuntut kebijakan tegas dari pemerintah masalah izin operasi pabrik tersebut di Negeri Lumbung Padi.

Saat di konfirmasi, pemerintah menghindar kematian ikan yang berlangsung mendadak itu dikarenakan kesibukan pabrik Formosa. Menurut juru bicara pemerintahan, hal semacam itu dikarenakan ledakan alga beracun dari bawah laut.

Hal semacam itu seolah diiyakan Formosa. Pabrikan tersebut malas dituduh sebagai penyebabnya insiden yang membuat masyarakat geram.

Belum jelas sampai kapan Facebook akan diblok di Vietnam. Sebelumnya, akses Facebook juga beberapa kali dilarang di Vietnam dengan bermacam argumen.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *