asss
Facebook, Lainnya

Facebook Hapus Video Kampanye Kanker Payudara

0 47

Indonesia-facebook.com –¬†Jejaring sosial Facebook selama ini dikenal menerapkan sensor terhadap unggahan pengguna yang dianggap tidak sesuai dengan kriteria mereka. Tetapi tampaknya cukup aneh jika Facebook menghapus sebuah video kampanye antikanker payudara yang diunggah oleh sebuah LSM.

Peristiwa inilah yang baru saja terjadi di Swedia. Sebagaimana dikutip dari The Guardian, Minggu (22/10/2016), LSM peduli kanker payudara Cancerfonden mengunggah video kampanye antikanker payudara di jejaring sosial milik Mark Zuckerberg.

Facebook Hapus Video Kampanye Kanker Payudara

Dikarenakan gambarnya dianggap mengganggu, video tersebut akhirnya dihapus oleh pihak Facebook. video kampanye itu menampilkan sosok animasi perempuan dengan lingkaran yang diasumsikan sebagai payudara.

Sebenarnya, tujuan video tersebut adalah untuk menjelaskan kepada kaum hawa tentang cara memeriksa benjolan yang mencurigakan di daerah seputar payudara.

Merasa hal tersebut tidak masuk akal, Cancerfonden telah menghubungi pihak Facebook dan mengungkapkan sikap tidak terima atas keputusan penghapusan video tersebut. Sayangnya, pihak Facebook belum memberikan komentar terkait penghapusan video kampanye antikanker payudara itu.

“Kami merasa ini tidak komprehensif dan cukup aneh. Bagaimana bisa upaya memberi informasi medis dianggap sebagai hal yang tidak pantas,” ujar Direktur Komunikasi Cancerfonden Lena Biornstad.

Ia juga menambahkan, informasi kesehatan itu sebenarnya bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa seseorang. “Ini hal penting untuk lembaga kami. Hal ini menjauhkan kami dari kemungkinan kanker payudara,” imbuh Biornstad.

Sebelumnya, Facebook juga pernah diprotes dikarenakan berulang kali menghapus foto tentang perang Vietnam yang dianggap bersejarah. Adapun foto ikonik tersebut memperlihatkan seorang gadis Vietnam yang lari telanjang lantaran menghindari serangan bom.

Facebook sendiri pernah menyebut, segala foto yang menampilkan alat kelamin, ketelanjangan, serta payudara wanita akan dihapus dari jejaring sosial.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *