facebook-mark-zuckerberg
Facebook, Featured, Lainnya

Facebook Disangka Pindai Pesan Pribadi Penggunanya?

0 56

IndonesiaFacebook– Untuk kesekian kalinya jejaring sosial Facebook harus berurusan dengan hukum, hal ini diduga Facebook telah melanggar privasi penggunanya.

Melalui Pengadilan Distrik North California dinyatakan bahwa Facebook diduga telah melanggar privasi pengguna, terutama mereka yang menggunakan Facebook Messenger. Dikabarkan Facebook memindai seluruh isi pesan pribadi milik penggunanya tanpa pemberitahuan.

Dinyatakan jika Facebook mendeteksi adanya sebuah tautan atau link diantara pesan pribadi akan dianggap sebagai sebuah ‘Like’ untuk laman tersebut.

Berdasarkan ‘Likes’ inilah, media sosial besutan Mark Zuckerberg itu menjadikan pengguna sebagai target iklan.

Pihak Facebook mengakui bahwa hal ini dulu pernah dilakukan, tetapi tidak serupa dengan yang saat ini. Tahun 2012 terungkap bahwa Facebook menghitung ‘Like’ pada sebuah link yang dikirimkan dalam pesan pribadi. Namun lewat keterangan resminya, Facebook menjawarkan kalau bahwa praktik ini telah dihentikan.

Sesaat setelah Facebook tak lagi menggunakan data dari pesan pribadi untuk menambah jumlah ‘Like’, penggugat menuduh Facebook mengumpulkan URL dari pesan pribadi untuk kepentingan segmentasi iklan.

Sebagian besar informasi pengguna secara sengaja telah diketahui Facebook dan disimpan tanpa batas waktu tertentu untuk menargetkan konten dan iklan tanpa implikasi hukum. Namun, jika link yang dikirimkan terdapat dalam pesan pribadi maka bisa dianggap melanggar privasi penggunanya.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *